Apa itu Land Clearing? - CV. MITRA USAHA

CV. MITRA USAHA

SUPLIER BAHAN BANGUNAN & KONTRAKTOR

CV. MITRA USAHA GROUP

MitraCon

Friday 1 October 2021

Apa itu Land Clearing?

 Land clearing merupakan istilah untuk pembukaan lahan. Tahapan ini untuk penyiapan lahan sebelum dilakukan proyek di tempat tersebut. Cara yang dilakukan bisa bermacam-macam yaitu cara manual maupun dengan pemakaian alat berat.

Pembukaan lahan ini bukan hanya untuk pelaksanaan proyek konstruksi saja. Bisa pula dipakai sebagai tahan awal pembukaan perkebunan dll. Kegiatan ini meliputi kegiatan penebangan pohon, penebasan semak belukar dan padang rumput. Semua benda organik tersebut lalu ditumpuk dan ditimbun di tempat tertentu.

Baru setelah lahan bisa dilalui dan terbentuk medan yang tepat, maka proyek pun baru bisa dimulai. Sebelum proses pembabatan dan pembukaan lahan, langkah-langkah yang mengawalinya juga perlu diperhatikan.

Persiapan Sebelum Pembukaan Lahan

Agar pekerjaan dilakukan dengan cepat, tepat, dan efisien, maka sebelum mulai melakukan land clearing, pekerja dan teknik sipil perlu melakukan beberapa persiapan. Salah satunya ialah mengidentifikasi vegetasi yang terdapat pada lahan tersebut. Barulah, dari data yang tersedia, bisa diputuskan metede apa yang akan dilakukan untuk melakukan pembukaan lahan. Caranya bisa dengan manual maupun mekanis yang paling cepat.

Jika melakukan cara  manual, maka langkahnya ialah: Membabat tanaman bawah dan menebang pohon-pohon. Ada pula cara pembukaan lahan dengan lebih prkatis san mudah, yaitu dengan pembakaran. Namun cara ini bertentangan dengan UU nomor 1 tahun 2004 ttg perkebunan. Meskipun lebih cepat, slash and burn atau pembakaran ini disadari dapat merusak lingkungan serta merusak vegetasi dan mencemari udara dengan asapnya yang tak terkendali.

Sedangkan teknik yang dipakai tanpa bakar disebut juga dengan zero burning technique. Cara ini termasuk cara mekanik dan dianggap lebih aman untuk lingkungan jika dilihat dari sisi ekologi.

Mitra Usaha Office : Jl. Panda Utara 3 No,10A, Perum Pondok Indah, Palebon,Pedurungan Semarang Phone : 024.76410476, Fax : 024.76410476, Hp.08122888625 wa.087877210255.





No comments:

Post a Comment